3 Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Oleh Allah SWT

Kumpulan doa mustajab, wirid amalan, dzikir harian, doa para nabi dan doa islam lengkap

3 Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Oleh Allah SWT

loading...
Penyebab doa tidak dikabulkan oleh Allah SWT – Inilah penyebab dan alasan mengapa doa tidak terkabulkan oleh Allah SWT. Terdapat hadits menyatakan, tidak ada seorang umat muslim yang menghadapkan wajah / mukanya pada Allah untuk berdoa. Kecuali Allah memberikanya untuknya, kadang akan dipercepat mungkin kadang akan diperlambat (HR Ahmad, Hakim).
3 Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Oleh Allah SWT
Maka sebab itu apabila jika doa tidak cepat dikabulakan atau tidak terkabul doa. Ada beberapa faktor penyebab serta alasan baik dalam Al Qur’an dan Hadits Nabi SAW. Adapun Alasan tersebut sebagai berikut.
3 Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Oleh Allah SWT

1. Penyebab utama tidak baik bagi yang berdoa

Allah SWT berfirman :

Wa ‘asaa antakrahuu syay’an wa hua khayrun lakum, wa’asaa an tuhibbuu syay’an wa huwa syarrun lakum, wal laahu ya’lamu wa an tum laa ta’lamuuna.

Yang Artinya :

Bisa juga kamu membencl sesuatu tersebut, akan tetapi itu baik bagi kamu. Dan mungkin bisa jadi kamu menyukai sesuatu itu, namun itu buruk bagi kamu. Dan Allah-Lah yang Maha mengetahui segala sesuatu, sedangkan kamu tidak mengetahuinya (QS Al Baqarah :216).

Adapun tentang kisah cerita berikaitan dengan penyebab doa tidak dikabulkan oleh Allah SWT sebagai berikut :

Di zaman Rasulullah SAW, terdapat seseorang yang sangat miskin sekali.  sebut saja Abudullah namanya. Sampai miskinnya hingga sampai kain yang digunakan untuk sholat, bergantian dengan istrinya tesebut. Pada suatu ketika atas desakan dari istrinya, lalu dia menghadap Rasulullah SAW, untuk meminta agar didoakan untuk banyak rezekinya, serta berjanji jika kelak dia kaya raya akan memperbanyak bersedekah. Akan tetapi saat itu Rasulullah SAW hanya menyuruh untuk terus bersabar (doa tidak terkabul), serta menerima aoa yang di karuniakan Allah sekarang ini.

Jawaban tersebut tidak memuaskan istrinya Abdullah, sehingga istrinya kini mendesak suaminya untuk menghadap Rasulullah meminta agar didoakannya. Hingga 3 kali beliau Rasulullah berkata padanya “ Baiklah akan aku doakan kalian”. (Sebab doa para Nabi merupakan doa mustajab, yang pasti akan dikabulkan Allah). sehingga benar terjadilah perbuhan tersebut yang di inginkan istri dari Abdullah, yakni domba yang hanya 2 ekor saja, kini beranak dan menjadi banyak. Akan tetapi hal ini bukan semakin mendekatkan keluarga Abdullah pada Allah. malah mengingkarinya, dia semakin jarang untuk menunaikan sholat dari pada dahulu.

Pada suatu ketika Abdullah yang kita sudah kaya raya dijwajibkan untuk segera membayar zakat. Akan tetapi dia keberatan untuk membayar zakat tersebut. mendengar ingkarnya Abdullah, Rasulullah SAW marah kepadanya. Lalu Abdullah ketakutan jika Rasulullah marah padanya, yang mungkin dapat sesuatu yang buruk menimpanya. Lalu  dia pun terpaksa untuk mengumpulkan uang diserahkan pada Rasulullah untuk membayar zakat tersebut. akan tetapi semua telah terlambat, zakatnya tidak dapat diterimanya, hingga pada akhirnya waktu berjalan berangsur harta Abdullah kini semakin berkurang dan miskin kembali.

Cerita diatas mencerminkan bahwa keluarga Abdullah setelah diberikan rezeki melimpah, ternyata tidak baik untuk dirinya sendiri. Maka Allah tidak mau untuk mengabulkan doa tersebut, sebab Allah Maha mengetahui segala sesuatu. Jika Rasulullah SAW tidak mendoakan keluarga Abdullah tersebut.

2. Kedua ujian dari Allah

Allah SWT berfirman :

Ahasiban naasu an yutrakuu an yaquuluu aa-mannaa wa humlaa yuftanuuna.

Yang Artinya :

“Apakah manusia tersebut mengira bahwa ia dibiarkan (saja) berkata bahwa “Kami telah beriman” maka dia tidak akan (lagi) untuk diuji” (Al-Ankabut :2).

3. Ketiga doa tersebut ditangguhkan

Hadits dari Al Khudry ra bahwa Rasulullah Saw bersabda  : Tidaklah semua umat muslim itu berdoa yang tidak dicampuri dosa serta keadaan yang tidak memutuskan silaturahmi, maka Allah SWT akan menganugrahkan padanya satu dari tiga hal dibawah ini :

1. Doa akan disimpan sebagai pahala diakhirat nanti.

2. Doa akan langsung cepat dikabulkan.

3. Dengan doa tersebut, dia akan dijauhkan dari keburukan atau kecelakaan yang sebanding (HR Ahmad).

Apabila anda sudah menjahui penghalang terkabulnya doa, namun hingga sekarang doa tidak kunjung dikabulkan oleh Alllah SWT, maka kemungkinan doa tersebut ditangguhkan.
Lihat Juga : 10 Perkara Penghalang Terkabulnya Doa Doanya
Itulah informasi untuk kesempatan kali ini. semoga mengenai penyebab doa tidak dikabulkan oleh Allah SWT dapat bermanfaat bagi semua. Sekian mengenai penyebab doa tidak dikabulkan oleh Allah SWT

loading...

0 komentar:

loading...
Back To Top