Doa Nabi Sulaiman Untuk Kekayaan (Kisah Ceritanya)

Kumpulan doa mustajab, wirid amalan, dzikir harian, doa para nabi dan doa islam lengkap

Doa Nabi Sulaiman Untuk Kekayaan (Kisah Ceritanya)

loading...
Doa Nabi sulaiman untuk kekayaan (kisah ceritanya) – Inilah doa nabi sulaiman untuk kekayaan melimpah ruah tulisan arab, latin dan artinya berserta cerita kisah Nabi Sulaiman as pendek atau singkat. Seperti banyak diketahui bahwa Beliau Sulaiman as diberikan karunia Allah SWT yang tidak pernah di miliki oleh semua para Nabi terdahulu ataupun Sesudahnya. Yakni Beliau mampu menundukan jin, menundukan binatang buas, menundukan angin yang tunduk pada Beliau tersebut.
Doa Nabi Sulaiman Untuk Kekayaan (Kisah Ceritanya)
Nabi sulaiman juga telah mewarisi kekuatan serta kekuasaan dari Nabi Daud as. Beliau mewarisi Nabi Daud dalam bentuk sisi kenabian serta kekuasaan. Bukan dalam mewarisi harta, sebab sepeninggalan para nabi harta akan menjadi sedekah bagi orang-orang fakir yang memerlukan bukan untuk kepentingan sendiri.
Allah SWT telah memilih Sulaiman sebagai Nabi dari Bani Israil. Dan Allah telah memberikan kekuasan serta kerajaan sehingga beliau menjadi pimpinan Bani Israil. Yang paling penting diwariskan Nabi Sulaiman dari Nabi Daud yakni tradisi militer. Kemajuan yang dahsyat sudah berpindah tangan pada beliau Sulaiman as. Inilah sebagai bentuk ilham dari Allah SWT. Sejak masa hidupnya Nabi Daud mengalami peperangan cukup banyak sekali, namun tetapi di Al Qu’ran tidak menceritakan secara terperinci.

Allah SWT berfirman :

Dan Kami kuatkan kerajaannya (QS Shaad ayat 20).

Ayat diatas yang berarti bahwa Nabi Daud tidak dapat pernah terkalahkan dalam perangnya yang di ikutinya, sebab para pasukannya merupakan orang bertauhid serta menyerahkan diri pada Allah SWT, sehingga pasukan Nabi Daud memiliki keistimewaan yang dapat mengalahkan pasukan yang lain dalam masa itu.

Allah SWT berfirman :

Dan kami telah melunakan besi untuknya (QS Saba ayat 10).

Ayat diatas menceritakan bahwa kekuasaan Allah SWT dapat membuat Baju besi Nabi Daud mampu melunakan besi serta membuat darinya baju besi ringan sehingga dapat bergerak dengan ringan, inilah kemajuan pasukan militer yang dahsyat diberikan oleh Allah kepada tentara Nabi Daud as.

Kemajuan tersebut sekarang telah dimiliki oleh beliau Sulaiman as, maka Nabi Sulaiman mempunyai pasukan maha dahsyat melebihi pasukan manpun dimuka bumi ini. Kemudian Allah SWT menambah karunia kepada Nabi Suliman as seperti dapat menundukan jin, menundukan binatang hingga beliau dapat mengerti bahasa binatang, tentara Militer Nabi Daud as serta menundukan angin agar dapat membawa Beliau kemana dia pergi.

Doa Nabi Sulaiman Untuk Kekayaan (Kisah Ceritanya)

Cerita, kisah dan sejarah Nabi Sulaiman as yang dituliskan dalam kitab suci Al Qur’an, kita mengetahui bahwa telah berada di masa kemasan Bani Israil, yakni dimasa Nabi mereka serta penguasa mereka ialah Beliau Sulaiman as. Akan tetapi Beliau tidak merasa puas apa yang telah di milikinya sekarang seperti memiliki tentara dari manusia, jin serta binatang.

Pada suatu hari Beliau as berdoa pada Allah SWT, sebab antara hati Nabi serta Allah SWT tidak ada penghalangnya maupun jarak ataupun waktu. Tidak seorang pun para Nabi yang berdoa kepada Allah swt tertolak doanya, pasti doa tersebut akan 100% terkabulkan. Seperti doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan melimpah ruah serta kerajaan, beliau mengangkat tangan dan berdoa :

Bacaan surat shad ayat 35 bahasa arab, latin dan artinya 
:

Lalu kemudian Allah SWT mengabulkan doa Nabi Sulaiman seperti memberikannya kerajaan yang tidak pernah dimiliki oleh orang sesudahnya. Mungkin orang bertanya mengapa Beliau menginggunkan kekuasaan, kerajaan, serta kekuatan tentara yang tidak dapat ditandingin pasukan manapun dimuka bumi ini ? Sehingga Allah SWT mengabulkannya.

Tentu Allah maha mengetahui segala sesuatu para hambanya yang baik serta yang buruk. Seperti Beliau tersebut, beliau memohon tersebut bertujuan yang baik, ambisi agar mendapatkan kerajaan serta kekuatan yakni ambisi yang ada dalam seorang nabi berkaitan dengan kebenaran, ambisi Sulaiman as bertujuan untuk memudahkan penyebaran dakwah dalam muka bumi ini.

Bukan dalam hal setelah mendapatkan kekuasaan lalu beliau menunjukan sikap sombongnya terhadap sesama manusia. Tetapi beliau ingin mendapatkan kekuasaan supaya dapat memerangi kezaliman yang menyebar di muka bumi ini. serta menegakkan agama Allah SWT dalam menyebarkan Islam.

Kebijaksanaan Nabi Sulaiman as tidak terbatas untuk keadilanya sesama manusia, serta kasih sayangnya pada mereka serta kebijakan juga berlaku di kalangan burung, semut dan binatang. Di kisahkan bahwa Nabi Daud juga mengenal bahasa burung. Saat ketika beliau Nabi Daud bertasbih maka binatang buas, burung, gunung, dan angin ikut mendengar tasbih ini.

Akan tetapi Nabi Sulaiman mendapat karunia lebih dari Nabi Daud yakni dapat berbicara dengan bahasa burung, menundukan binatang buas, menundukan jin seperti jin ifrit, memiliki tentara manusia dahsyat seperti ahli Al kitab yang dapat memindahkan kerajaan ratu balqis dalam kedipan saja serta angin dapat tunduk dengan Sulaiman as sehingga dapat membawanya kemana beliau inginkan.

Di masa itulah Beliau tidak tertandingin oleh siapapun juga, semua takut pada Nabi Sulaiman as, tidak ada yang berani untuk menentang beliau. Serta raja jin juga tunduk pada beliau. Bahkan jin sholeh tidak bisa memeritah kaumnya sendiri. Itulah karunia yang telah diberikan Allah SWT pada Nabi Sulaiman as.

Walaupun beliau telah mendapatakan kekuasaan serta kerajaan. Namun beliau juga menunjukan rasa kasih sayang terhadap semua salah satunya semut tersebut, dimana beliau mendengar bisikan dari semut dan tidak mau untuk menginjaknya. Beliau as selalu menundukan kepalanya ke bumi sebagai bentuk rasa syukur serta rendah diri pada Allah SWT. Yang telah Dia berikan pada beliau. Ucap rasa syukur serta rendah diri terdapat dalam bacaan surat An Naml ayat 19 sebagai berikut.

Bacaan surat An Naml ayat 19 :
Pada masa itu Beliau yakni manusia yang paling kaya di dunia, sebab dimana istana tersebut di buat dari kayu gaharu yang mempunyai bau harum serta disamping itu istanaya juga terbuat dari emas dan Kristal.

Selian itu, beliau juga mempunyai kursi bersar terbuat dari emas serta pertama. Istana Nabi Suliaman merupakan istana paling terbesar di dunia sebelum dan sesudahnya. Dan Nabi Sulaiman tetap menunjukan sebagai hamba-Nya yang berserah diri serta rendah diri pada Allah SWT dan pada sesama manusia. Sulaiman as merendahkan dirinya serta beliau selalu bersujud pada Allah SWT.

Kesimpulan

Hikmah yang dapat dipetik ialah kita harus mensyukuri nikmat yang sudah Allah berikan pada kita. Apabila sudah kaya maka tetap rendah diri serta bersyukur atas nikma-Nya yang telah diberikanya. Sebab banyak orang yang lebih kekurangan seperti orang orang fakir miskin yang membutuhkan bantuan. Seperti halnya Beliau tetap selalu rendah diri serta bersyukur karena nikmat yang telah diberikan padanya.

Beliau tidak menunjukan rasa sombongnya walaupun beliau merupakan (manusia) orang paling terkaya di dunia sebelum dan sesudahnya. Namun beliau selalu bersujud di hadapan Allah SWT, sebab semua yang diberikan pada Nabi Sulaiman karena kebesaran dari Allah SWT bukan dari ciptaan Allah seperti orang-orang syikir yang menyembah berhala, seperti matahari, patung ataupun syaitan. Sadarilah bahwa semua itu adalah ciptaan Allah SWT.

Maka sangat baik sekali doa nabi sulaiman untuk kekayaan melimpah ruah diatas agar tetap diamalkan sebagai amalan doa dan wirid untuk sehari-hari, agar tetap mensyukuri nikmat yang Allah berikan.
Lihat Juga : Doa Nabi Sulaiman Untuk Ratu Balqis (Menundukan Hati)
Sekian dalam kesempatan ini tentangd oa Nabi sulaiman untuk kekayaan melimpah dan cerita kisah Nabi Sulaiman as singkat atau pendek. Semoga tulisan diatas dapat bermanfaat bagi semua dan pembaca. Demikanlah tentang doa Nabi sulaiman untuk kekayaan (kisah ceritanya)

loading...

0 komentar:

loading...
Back To Top